Alfauzan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA BAGI GENERASI MUDA KITA

PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA BAGI GENERASI MUDA KITA

Pendikan Agama merupakan jembatan emas untuk mencerdasarkan akal agar kesehatan jasmani dan rohani berjalan seimbang menuju pintu gerbang kebahgiaan dunia dan akhirat, Pendidikan agama memiliki peranan yang begitu penting bagi generasi muda kita, apabila memiliki pendidikan agama yang baik maka kita tidak akan mudah kehilangan jati diri sebagai generasi muda muslim yang moderat visioner dan toleran terhadap semua umat sehingga merawat keberagaman bangsa ini menjadi sebuah keniscayaan bagi kita semua.

Pendidikan agama merupakan bekal utama dalam kehidupan baik di dunia apalagi bekalnya untuk akhirat, kedalaman pendidikan agama seseorang akan mengantarkannya menjadi pribadi yang bersahaja kaya inovasi lemah lembut serta mempunyai empati dan keteguhan hati dalam menghadapi berbagai persoalan di masa yang akan datang.

Dengan pendidikan agama seseorang akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,mana yang boleh dikerjakan dan apa yang tidak boleh dikerjakan, kita meyakini bahwa pendidikan agama saat ini harus mendapatkan sentuhan keilmuan yang kekinian dan kesekarangan sehingga generasi muda kita tidak merasa termarjinalkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi moderen saat ini

Kita juga harus melakukan evaluasi dan refleksi seperti apakah kondisi keberagamaan generasi muda kita saat ini apakah ada sisi-sisi yang memperihatinkan, karena dimana-mana kita mendengar dan melihat terjadinya berbagai macam tindakan dan perbuatan yang bertentangan dengan akal sehat, moralitas terjadinya dekadensi moral serta hilangnya kharakter kita sebagai orang timur yang menjunjungi tinggi nilai-nilai adat etika dan sopan santun yang tergerus oleh kemjuan zaman yang serba moderen saat ini

Demikian juga halnya pendidikan agama generasi muda terutama siswa-siswa kita secara kurikulum sesungguhnya sudah sangat lengkap dan luar biasa dalam teorinya namun kenapa dalam praktek kesehariannya kita harus jujur mengakui masih kita temukan para siswa kita yang sangat jauh dari spirit dan nilai-nilai yang merska pelajari di bangku sekolah/madrasah tempat mereka belajar,.

siapakah dan apakah yang harus disalahkan, terkait kondisi anak-anak kita hari ini yang masih terjebak dalam berbagai perbuatan yang melanggar aturan agama dan aturan-aturan yang berlaku baik di sekolahnya maupun aturan adat kita di tengah-tengah masyarakat.

Bahwa kita sangat meyakini dengan sepenuh hati para guru kita telah memberikan pelayanan pendidikan pengajaran dan berbagai pelatihan serta keterampilan dalam membentuk kharakter siswa siswi kita menjadi generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta menjalankan berbagai macam syariat agama dengan memberikan keteladanan serta selalu memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga moralitas dan budi pekerti baik melalui pemodelan maupun melalui kisah-kisah tauladan para rasul dan orang-orang shaleh baik dari zaman dahulu maupun yang hidup se zaman dengan mereka.

Menghadapi kenyataan hari ini kita tidak boleh pesimis marilah kita bersama-sama para orang tua, para guru, para pemuka masyarakat, para alim ulama, cerdik pandai dan seluruh elemen masyarakat mari kita bersatu untuk bersama-sama meningkatkan tanggung jawab serta kepedulian kita terhadap generasi muda kita hari ini dengan lebih intensif melakukan interaksi secara batiniyah dan kejiwaan yang penuh kasih serta perhatian terhadap kondisi merska hari ini, sehingga dengan pola seperti itu kita berharap mereka kelak akan tumbuh menjadi generasi yang membanggakan kita, generasi yang siap, generasi yang memiliki pengetahuan agama pengetahuan kekiniaan yang moderen serta dengan seksama menjalankan kewajibannya sebagai umat beragama serta mampu menjadi panutan bagi generasi berikutnya, karena kita yakin bahwa kemajian tekhnologi pengaruh berbagai alat seperti gadget, HP dan lain sebagainya tidak akan bisa kita bendung justru malahan alat alat komunikasi itu harus bisa kita ubah menjadi bagian dari cara kita melihat masa depan serta merubah tantangan menjadi peluang yang menjanjikan bagi masa depan mereka kelak.

Maka untuk mendapatkan hasil yang baik maka kuncinya mulai hari ini :

1. Kita tidak boleh saling menyalahkan karena kalaunitu yang terjadi dipastikan akan membuat kita menjadi lemah dan bercerai berai

2. Semua elemen yang ada di masyarakat wajib bersatu padu mengawal dan menjaga generasi muda kita melihat masa depannya sehingga dengan adanya persatuan dan kesamaan cara pandang dan cara fikir kita, harapan untuk bagaimana generasi muda kita tumbuh menjadi generasi yang hebat dan membanggakan semua kita pastilah bisa terujud

3. Bersatu padu dan bersama-sama bertanggung jawab serta peduli terhadap kondisi dan tantangan yang mereka hadapi karen bersatu kita teguh bercerai kita rubuh

4. Selalu menjaga optimisme yang di iringi dengan kerja keras, kerja cerdas, serta kerja bersama mengawal mereka menjemput asa dan masa depannya sehingga apa yang menjadi kekhawatiran kita yang telah kita sebutkan di atas tidak akan terjadi SEMOGA

ALFAUZAN
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

22 May
Balas

Terimakasih

27 May

Sangat menginspirasi tulisannya pak, salam

22 May
Balas

Alhamdulillah buk terimakasih

27 May



search

New Post